man1menim.sch.id Berita Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Anggaran Berbasis Aplikasi SMART

Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Anggaran Berbasis Aplikasi SMART

Muara Enim, Inmas

Dalam rangka untuk mengetahui perkembangan, kemajuan dan permasalahan terkait Kinerja Anggarana Berbasis Aplikasi SMART Madrasah Aliyah Negeri 1 Muara Enim, tim dari Kantor wilayah kementerian agama provinsi Sumatera Selatan Dastrial dan teman-teman melaksanakan Pemantauan dan Evaluasi, Senin (15/8) kemarin. Acara tersebut dilaksanakan di ruang kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Muara Enim, Tim Kantor wilayah kementerian agama provinsi Sumatera Selatan diterima langsung oleh Kepala madrasah Abuddarda dan kepala urusan tata usaha H.Muhammad, bendahara rutin Abdul Nur Islami dan oprator bendahara Anton Supriadi.

Aplikasi SMART adalah aplikasi berbasis web yang dibangun guna memudahkan satuan kerja dalam monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran. Dalam kesempatan tersebut operator Madrasah Aliyah Negeri 1 Muara Enim mengikuti kegiatan pemantauan tersebut sehingga benar-benar dapat menguasi aplikasi SMART.Salah satu Tim dari Kantor wilayah kementerian agama provinsi Sumatera Selatan menjelaskan “Salah satu instrumen dalam Penganggaran Berbasis Kinerja adalah evaluasi kinerja. Evaluasi merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membuktikan apakah dokumen anggaran telah dilaksanakan sesuai rencana, dan untuk umpan balik, perbaikan, penganggaran pada periode-periode berikutnya. Dalam melaksanakan evaluasi kinerja anggaran, salah satu tools yang digunakan adalah Aplikasi SMART.

“Aplikasi SMART telah dibangun dan efektif digunakan sejak tahun anggaran 2012 untuk melaksanakan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 249/PMK.02/2011 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja atas Pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga. Aplikasi SMART yang mengacu pada PMK tersebut adalah melakukan pengukuran dan evaluasi kinerja atas Aspek Implementasi. Namun, seiring dengan penyempurnaan sistem pengukuran dan evaluasi kinerja anggaran sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 214/PMK.02/2017 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Anggaran atas Pelaksanaan Rencana dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, aplikasi SMART juga telah disempurnakan dalam rangka pelaksanaan evaluasi kinerja anggaran yang mengacu pada PMK tersebut dengan melakukan pengukuran dan evaluasi kinerja yang mencakup Aspek Implementasi, Aspek Manfaat, dan Aspek Konteks”, jelas Dastrial.

“Aplikasi ini dibangun dengan sistem web-based, digunakan oleh seluruh tingkatan kementerian negara/lembaga (tingkat Satuan Kerja, Eselon I, dan tingkat Kementerian Negara/Lembaga) untuk melaporkan kinerja anggaran yang dikelola oleh setiap unit bersangkutan. Tutorial tahap I ini disusun untuk memudahkan pengguna/operator di tingkat Satuan Kerja pada kementerian negara/lembaga untuk memahami cara pengisian aplikasi SMART sehingga dapat melaporkan capaian kinerjanya secara tepat waktu dan benar. Adapun pada tahap selanjutnya, tutorial untuk pengguna/operator pada tingkat Eselon I dan tingkat kementerian negara/lembaga akan dipublikasikan dalam waktu dekat”, imbuh Dastrial. (Kmd)

6 Likes

Author: admin

https://man1menim.sch.id/